Minggu, 11 September 2016

PERAWATAN IKAN PEACOCK BASS



Ikan Peacock Bass memiliki perawatan dan pemeliharaan yang cukup mudah dan gampang. Karena ikan ini sangat perlu ruang lingkup yang cukup luas maka bagi pemelihara yang memelihara di dalam aquarium memerlukan ukuran yang cukup besar untuk menampung ikan tersebut. Ukuran yang baik saya sarankan adalah 150x60x80 ini menurut saya merupakan ukuran yang ideal bagi jenis ikan ini. Jika pemelihara lebih senang memelihara di dalam kolam itu jauh lebih baik bagi pertumbuhan ikan tersebut.
            Dalam pemeliharaan hal utama yang dibutuhkan yaitu filter pada aquarium, karena filter sangat berfungsi untuk siklus air pada aquarium agar air terus jernih dan sehat. Kemudian heater merupakan salah satu perlengkapan aquarium yang sangat di perlukan karena heater menjaga kondisi suhu air dan mengantisipasi penyakit pada ikan. Lalu lampu menjadi hal yang sangat di perlukan dalam pemeliharaan ikan Peacock Bass karena ikan ini akan sangat bagus jika dikasih penerangan agar memnimbulkan warna atau corak pada tubuhnya.
            Dalam pemberian pakan, ikan ini sangat terbilang rakus karena bentuk rahang mulutnya yang besar serta ukuran tubuhnya yang besar, saya sebagai pemelihara ikan ini, menjadwalkan makan pada ikan agar memberikan pertumbuhan yang bagus serta memicu nafsu makan yang sehat, karena jika terlalu dipaksakan makan sampai ikan gendut akan mudah terserang penyakit. Jadwal saya memberi makan yaitu 2 x seminggu dengan porsi yang sesuai tanpa ada sisa, atau setiap hari dengan jumlah yang cukup jangan terlalu banyak.
            Pergantian air aquarium disarankan seminggu sekali harus diganti, karena cukup baik jika air selalu diganti, agar menghindarkan penyakit dan air keruh pada aquarium. Mengganti air aquarium cukup dengan 20% volume air yang dibuang dan diisi kembali dengan air yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar