Minggu, 11 September 2016

PENYAKIT YANG BIASA MENYERANG IKAN PREDATOR DAN MENGATASINYA



Ikan predator memiliki fisik tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit, namun jika ikan ini tidak dirawat dan di pelihara dengan baik, maka ikan tersebut akan gampang terserang penyakit. Ada beberapa penyakit ikan predator ini yang sering kali menyerang tubuh ikan tersebut.
1.      White Spot
Penyakit ini sangat sering kali dijumpai pada ikan hias, namun ikan predator pun juga bisa terserang penyakit ini. Tanda – tanda yang ditimbulkan pada penyakit ini biasanya badan ikan memiliki bercak – bercak putih pada bagian tubuh ikan tertentu.
alamtani.com
Cara mengatasi ikan yang terkena white spot cukup dengan melakukan karantina pada ikan dan memberikan air yang bersih dengan ph yang sesuai, lalu masukan obat ikan anti white spot sesuai takaran dan garam ikan secukunya, serta dilakukan secara rutin setiap hari sampai ikan mengalami pemulihan.
2.      Stress
Bukan hanya manusia yang mengalami stress, namun ikan pun bisa terkena penyakit stress. Biasanya ikan mudah kali mengalami stress karena ukuran aquarium yang terlalu kecil dan jumlah ikan serta ukuran yang tidak sesuai, maka dari itu ikan yang memiliki ukuran lebih kecil jika digabungkan dengan ikan yang lebih besar akan cenderung mengalami stress. Tanda – tanda ikan mengalami stress yaitu ikan akan susah makan dan selalu berada di pojokan aquarium dan ikan terlihat takut jika didekati. Namun ada yang sampai mengamuk dan loncat loncat seperti mengalami kejang – kejang.
Cara mengatasi penyakit ini yaitu dengan membuat aquarium yang sesuai dengan ukuran dan jumlah ikan, dan pemeliharan jenis ikan yang sesuai serta perhatian kepada ikan yang lebih peduli.
3.      Fin Rot (Busuk Sirip)
Penyakit ini juga sangat sering dialami pada ikan, karena penyakit ini biasanya ikan mengalami pembusukan atau kerusakan pada sirip atau ekor ikan. Gejala awal biasanya mengalami garis – gari putih di sepanjang sirip ikan lalu kemudian sirip ikan mulai tercabik – cabik seperti membusuk. Biasanya pemicu penyakit ini di sebabkan dengan adanya bakteri didalam aquarium, karena air yang kurang jernih dan pemeliharaannya yang kurang terawat.
fishchannel.com
Cara mengatasi penyakit ini yaitu dengan cara melakukan karantina pada ikan dan memberikan obat sesuai penyakit ikan dan menggantikan air secara rutin. Perlu diingat ikan juga diberikan garam ikan, karena sebagai penetralisir penyakit.
4.      Mata Katarak
Apabila mata ikan anda ada selaput abu-abu atau putih, maka barangkali ikan anda mengidap katarak. ada sebanyak perawatan yang spesial dibikin untuk katarak terhitung aquatronics serta eye fungex. kuncinya yaitu meyakinkan level amonia serta nitrit pada batas yang bisa di terima. dikarenakan katarak pada ikan berlangsung dikarenakan perkembangan jamur, maka meneteskan fungisida ke didalam akuarium dapat amat berguna.
www.kaskus.co.id

2 komentar:

  1. perlu diperhatikan dalam budidaya ikan
    belajar perikanan

    BalasHapus
  2. Kalo ingsang terbuka pada ikan pbass mono gmana penanggulangannya.?

    BalasHapus